Senin, 03 Oktober 2022

Launching Gernas Tastaka Dihadiri Wakil Gubernur Provinsi Lampung


Bandar Lampung --- Wakil Gubernur Lampung, Chusnunia, membuka kegiatan Training of Trainer sekaligus melaunching Gerakan Nasional Pemberantasan Buta Matematika (Gernas Tastaka) Provinsi Lampung yang diselenggarakan oleh Yayasan Indonesia Cerdas bekerjasama dengan Ikatan Guru Indonesia (IGI) Provinsi Lampung, di Balai Penggerak Guru, Senin (3/10/2022). 

Selaku penyelenggara, ketua Ikatan Guru Indonesia (IGI) Provinsi Lampung Irawan menjelaskan, pelatihan Tastaka ini dilaksanakan selama 6 hari, mulai tanggal 3-8 Oktober 2022 dengan menghadirkan narasumber/pelatih dari Jakarta. 

Irawan juga menerangkan bahwa Gernas Tastaka yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas Guru SD/MI agar tidak buta matematika ini sudah berjalan sejak November 2018 dan sampai saat ini telah dilaksanakan di 35 Kabupaten/Kota se-Indonesia. 

Guna mencetak generasi yang berkualitas, salah satu hal yang harus ditingkatkan adalah kualitas pendidikan. Ketua Umum NU Circle Gatot Priyo Utomo mengatakan, peningkatan kualitas pendidikan tersebut diawali dari peningkatan kualitas pendidikan dasar, melalui para tenaga pengajarnya, agar menjadi pondasi yang kuat untuk tingkatan pendidikan selanjutnya. 

Gernas Tastaka, lanjut Gatot, diselenggarakan guna menyiapkan dan meningkatkan literasi numerasi anak-anak Indonesia memasuki bonus demografi dan menuju Indonesia Emas 2045. Gatot juga menyebutkan, Gernas Tastaka guna melatih guru-guru tingkat dasar (SD/MI) untuk mengajar matematika secara sederhana, bernalar, kontekstual dan mendasar. 

Sementara itu Wakil Gubernur Chusnunia menjelaskan, bonus demografi akan menjadi berharga bila diiringi dengan sumber daya manusia yang berkualitas serta berdaya saing tinggi. Oleh karenanya, Wagub juga menegaskan bahwa Gerakan Nasional Pemberantasan Buta Matematika merupakan gerakan yang sangat urgent dan bermanfaat dalam rangka menyiapkan generasi penerus bangsa yang berkualitas dan berdaya saing tinggi. 

Wagub Chusnunia melanjutkan, Gernas Tastaka harus menjadi gerakan bersama di seluruh wilayah Lampung, agar generasi muda Lampung dapat dipersiapkan dengan maksimal. Untuk itu, Wagub mengajak seluruh stakeholder terkait untuk menyukseskan dan mendukung gerakan ini di Provinsi Lampung 

"Agar generasi muda kita memiliki dan mampu bersaing di tingkat nasional maupun global," kata Wakil Gubernur. 

Hadir dalam acara Sekjen Kemdikbud Ristek Suharti, Ketua Umum NU Circle Gatot Priyo Utomo, Dewan Pembina Yayasan Penggerak Indonesia Cerdas Achmad Rizali, Ketua Pengurus Wilayah Ikatan Guru Indonesia (IGI) Provinsi Lampung Irawan, Kepala BGP Provinsi Lampung Tanti Supriyadi, Ikatan Alumni UI Provinsi Lampung, serta para peserta TOT Tastaka. (Dinas Kominfotik Provinsi Lampung/dbo).

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih telah mengunjungi Website Resmi PW IGI Provinsi Lampung. Sharing And Growing Together.